Rabu, 30 September 2009

Jasa Konsultasi Skripsi: Disyukuri atau Dikutuk?

Jasa konsultasi skripsi tumbuh bak jamur.Semula jasa semacam itu diberikan secara perorangan dan diam-diam antara teman.Kegiatan antarteman meningkat menjadi kegiatan "profesional" yang berbentuk usaha yang mengiklankan di koran lokal.Jadi keterampilan mengumpulkan data telah diambil alih oleh jasa ini.
Beberapa pemberi jasa memberi garansi "DIJAMIN SAMPAI LULUS." Konon tarif untuk pembuatan skripsi berkisar antara Rp 1 sampai 1.5 juta.Salah satu pemberi jasa mengakui bahwa penghasilan sebulan kadang-kadang dapat mencapai lebih dari Rp 10 juta.
Mahasiswa pengguna jasa yang masih menyusun skripsi mengatakan: "Mengapa harus repot-repot nulis skripsi. Yang penting jadi dan lulus karena toh skripsi tidak dibutuhkan dalam pekerjaan."
Seorang dosen menyatakan: "Saya sendiri tidak setuju adanya skripsi. Skripsi hanya membebani dosen. Yang realistik saja,saya tidak mungkin membimbing 10-15 mahasiswa dalam satu semester dan kalau tidak selesai dalam satu semester pekerjaan akan menumpuk. Karena dipaksakan,akhirnya apapun yang diajukan mahasiswa saya setuju saja."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar